,

Teeb TV promosi pembuat film independen

Teeb TV publicises independent filmmakers

Saya bukan salah satu dari orang-orang yang pergi ke sekolah film untuk mendapatkan pendidikan yang layak melakukan film atau semacam itu. Subjektivitas dan kreativitas adalah hal-hal yang paling saya benci sejak masih di sekolah dasar tapi saya suka musik dan film. Saya memenangkan kompetisi tari dan saat itu dan sekarang, film masih bukan bagian dari sistem pendidikan.

Saya pikir bagian ini perlu mengubah. Anak-anak memiliki kreativitas tak terbatas di mana orang dewasa kadang-kadang tidak sepenuhnya memahami kemampuan mereka.

Sampai hari ini, saya tidak mengerti mengapa orang bisa berhenti mengeluh tentang bagaimana untuk mendapatkan pekerjaan di industri film. Jika kalian berpikir dengan menghadiri sekolah film dengan impian besar bekerja di film, teman dengan selebriti dan wawancara di karpet merah, bersiaplah untuk menghadapi frustrasi dan kekecewaan tak berujung.

Lulus dari sekolah film tidak memberikan kalian lisensi untuk masuk ke industri film, jika ada. Saya akan mengatakan itu adalah salah satu yang paling sulit di dunia untuk mencari pekerjaan, kecuali jika kalian memiliki koneksi. Ya, sayangnya, industri praktek nepotisme dan jarang membuka pintu untuk ide-ide segar atau pendatang baru.

Jika kalian ingin masuk ke industri tanpa ada koneksi yang kuat, maka lebih baik memfokuskan energi dan waktu dengan membikin film-film independen dan masuk dalam festival film. Jika film kalian berada di tiga ke atas, biasanya mereka akan meminta kalian untuk mengirim film cetak ke festival film untuk skrining.

Festival film top seperti Festival Film Cannes dan The Film Festival Toronto International punyai penonton dari kritikus film terkemuka dan dihormati, perwakilan distribusi film dan wartawan media. Mereka juga yang paling sulit karena standar tinggi tetapi jika kalian berhasil menangkap minat mereka, sisanya adalah sejarah.

Efeknya mungkin berkembang biak dan orang mulai melihat film kalian dan itu akan membuka pintu bagi kalian untuk mendarat karir di industri film. Itulah yang terjadi pada Robert Rodriguez dan Quentin Tarantino.

Hakikatnya, publisitas adalah darah kehidupan bagi pembuat film. Itu sebabnya Teeb TV dibuat, termasuk:

  1. Bertindak seperti festival film, dimana penyiar dan kritikus film akan mengacu dalam menemukan program yang segar, film pendek dan ide-ide film. Salah satu penyiaran di Malaysia telah mengambil ide TV program kami dan saya pikir mereka udah selesai episode 7 sekarang.

  2. Bertindak sebagai perusahaan distribusi film atas nama pembuat film. Teeb TV promosi dan ‘menjual’ konten kalian agar pembuat film independen dapat membuat keuntungan secepat mungkin melalui iklan atau hak siar.

Dengan hubungan yang baik dengan penyiar utama, Teeb TV menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk film atau film pendek untuk ditemukan dan dibeli.

Hal ini sangat penting bahwa kalian, pembuat film independen atau pencipta konten untuk memilih format yang tepat untuk meningkatkan peluang kalian untuk ditemukan. Tidak ada salahnya mengikuti trend saat ini, karena kalian harus realistis di pasar juga.

Azuan Muda
19 Disember 2016